Wednesday, May 30, 2007

Usulan E-learning Center untuk mencerdasan Generasi Penerus Bangsa

pada jaman sekarang ini internet mungkin sudah menjadi kebutuhan primer, yang sangat penting untuk menggali segala informasi yang dibutuhkan kita semua. Dulu, kalau kita mengingat untuk mendapatkan sebuah informasi pelajaran, kita harus pergi ke perpustakaan sekolah. selain itu juga harus cari buku yang sesuai kita inginkan, itu kalau mujur kita dapatkan informasi yang kita butuhkan tetapi kalau tidak dapat ya... keluar dengan tangan hampa. tapi sekarang dengan perkembangan internet yang ada, seolah-olah semua kebutuhan informasi tersedia disana. sebagai pengalaman selama ini saya mencari sebuah informasi yang saya butuhkan hampir 90 % tersedia di internet, sisanya 10 % ya mungkin dari perpus, dan tempat lainnya.
seiring dengan itu saya setelah baca suatu buku yang diberikan oleh dosen saya (saya lagi nempuh S2-informatika di ITS, Surabaya) sangat tertarik. sebab disitu judulnya aja bikin orang penasaran Menuju Indonesia SAKTI terbitan ITSpress dan satu buku tentang biografi pak M. Nuh (ga hafal gelar takut salah nulisnya). setelah saya baca ya ga seluruhnya, saya tertarik perkembangan ICT di bidang e-learning. disini saya kalau boleh usulkan pada pak NUH nih sebagai MENKOMINFO, membuat E-learning Center untuk kecerdasan generasi penerus bangsa . ya dikomsumsi untuk siswa SMP dan SMA sederajatlah. sebab eleraning untuk studi yang lebi tinggi dari situ sangat bangat menurut pengamatan saya. tapi untuk level SMP dan SMA kayaknya sedikit.
jadi gini kita buat suatu elearning center yang nantinya memuat semua materi2 pelajaran dari smp sampai sma baik dalam bentuk dokumen, audio atau video atau bentuk lainnya. sehingga siswa bisa belajar secara real time baik kapan dan dimana saja. harapan dengan adanya elerning center ini kita tidak report lagi mencari pengetahuan yang kita butuhkan. mungkin mulai adanya blog ini bisa suatu saat ada elerning center yang bertujuan untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

6 comments:

Patrisius Djiwandono said...

Hallo Yoyok,

Saya awam di bidang IT, tapi posting Anda menarik juga. Tentang e-learning, semua ide itu bagus di tataran teori aau setidaknya rencana, tapi pada saat eksekusinya apakah masyarakat kita sudah siap mengubah paradigma belajarnya ke e-learning ini? Pengalaman saya, ada 2 faktor yang layak dipertimbangkan: akses mereka, utamanya yang dari kalangan menegah ke bawah, ke infrastruktur Internet, dan budaya belajar mereka. Thanks postingnya.

Ferdy anggara said...

Assalamualaikum pak ...
Kami akan seneng banget Seandainya
"E-learning Center Untuk mencerdaskan anak bangsa" itu segera dilaksanakan. dengan itu mungkin proses belajar kami akan lebih keren ...

Ferdy anggara said...
This comment has been removed by the author.
Free Melanesia Source Code said...

Terima kasih pak atas ilmunya semoga makin maju n makin kren para blogger unikan.

Salam Satu Jiwa Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Jurusan Teknik Informatika.

Daerah Paling Rawan Dosa (DPRD) said...

nnice info

Daerah Paling Rawan Dosa (DPRD) said...

terimakasih atas infonya pak