Thursday, June 14, 2007

Konvergensi Total Dengan Java

Acara JavaONE 2007 yang berlangsung di Moscone Center, San Francisco, AS, memberikan agenda baru bagi siapa saja yang bergelut di dunia Java. Java merupakan simbol yang dibawa oleh Sun Microsystems sebagai sebuah platform untuk berkolaborasi menghasilkan sesuatu, di mana kepercayaan untuk mengubah dunia dengan inovasi sangat kencang.

JavaONE 2007 dibuka oleh Rich Green, Executive VP Sun Microsystems, termasuk lahirnya teknologi baru JavaFX yang diciptakan untuk solusi bergerak dan dalam waktu dekat akan dinikmati para pencinta perangkat bergerak. JavaFX menjadi teknologi baru dalam keluarga Java, yang mengutamakan interaktivitas, di antaranya dengan demo menggunakan telepon bergerak dengan sistem operasi Java, yaitu Savaje (yang baru diakuisisi Sun) serta Nokia N800.
Hari pertama JavaONE 2007 sarat dengan unsur promosi pihak Sun Microsystems serta rekan-rekan Java mereka, membuat adopsi Java semakin kuat terutama di area embeded. Kolaborasi antara Yahoo, Sony, Fox Studio, Motorola, sampai perangkat televisi dan robot menjadi topik utama.

Integrasi SmartCard dengan dotcom menandakan masuknya perangkat bergerak menjadi dotcom, artinya setiap manusia yang memegang perangkat bergerak adalah sebuah situs web. Apakah Anda siap menaruh CV di ponsel dan setiap umat manusia dapat browsing ke sana?

BluRay (teknologi saing HD-DVD) memungkinkan programmer Java bergabung dengan sumber content paling hot di AS, yaitu Holywood, juga menjadi sumber informasi yang baru. Integrasi perfilman dengan internet dan game di dalam Blu Ray memungkinkan sebuah paradigma baru dalam menonton film.

Sebelumnya, bila menonton sebuah film, kita hanya dapat menonton, dan sebuah menu untuk melihat trailer atau scenes. Tanpa melakukan aktivitas saat film ini diputar. Bluray dengan BluRau Java SDK-nya memungkinkan adanya content internet di dalam film serta melakukan interaksi dan multiplayer quiz. Contoh yang mungkin adalah saat menonton film, ada live quiz dari produser film tersebut dan berhadiah mobil.

Integrasi teve
Solusi Java, yang hanya dikenal untuk aplikasi server yang dituangkan dalam full stack Oracle Fussion Middleware pada acara tersebut, dibawakan Thomas Kurian, Senior VP Oracle. Stack Enterprise yang meninggalkan kesan integrasi yang banyak. Hal ini karena solusi enterprise telah menjadi backbone dari semua ini, yang berubahnya dari integrasi aplikasi menjadi integrasi komponen.

Berubah menjadi sebuah solusi Live, yang mengintegrasikan semua sisi kehidupan manusia sehingga semua manusia di muka Bumi ini terhubung secara virtual dapat berinteraksi.
Java, yang 12 tahun lalu diciptakan agar menjadi sebuah aplikasi untuk televisi, akhirnya mendapatkan momentumnya di JavaONE 2007, yang menyatakan bahwa teknologi Java yang diciptakan oleh tim James Gosling tidak berubah.

Televisi yang kompatibel dengan JavaTV ini telah membuat perusahaan kabel, perhotelan, dan ruang keluarga berubah, dari yang semula hanya sebuah perangkat menonton menjadi sebuah media interaksi yang memungkinkan menggabungkan semua acara dalam saluran televisi, internet, dan permainan.

Dapat dibayangkan jika kita menonton televisi berbasis JavaTV dengan BluRay atau main game di Playstation3 yang berbasis Bluray juga, ruangan keluarga terkoneksi internet, suasana apa yang akan muncul? Ini adalah sebuah panggung hiburan modern yang sama sekali baru.

Ada satu teknologi yang juga berperan serta dalam konvergensi ini, yaitu mesin fotokopi berbasis Java, mengadopsi teknologi yang saat ini ditemukan di perangkat bergerak, yaitu JavaME. Ricoh berhasil membuat mesin fotokopinya berkolaborasi dengan perangkat bergerak, berubah menjadi virtual library yang dapat diakses, bukan hanya oleh PC dalam jaringan, tetapi oleh perangkat bergerak.

Teknologi robot
Teknologi lainnya yang tidak kalah menarik adalah helikopter yang dikendalikan secara remote, dapat memetakan 3D, serta teknologi 3D Open Source dari Sun, yaitu Wonderland (versi Java dari game SecondLife), dan Darkstar (game server Open Source). Darkstar adalah sebuah multiuser game server yang memungkinkan pengembang multiplayer game mengembangkan aplikasi game, dan saat ini di situs Web Sun telah muncul game client lain, yaitu sebuah multiplayer game untuk ponsel.

Sebuah robot Robosapien terbaru berwarna merah, yaitu RS (RoboSapien) Media, yang versi putihnya atau versi 2.0 dapat ditemukan toko mainan anak-anak di mal-mal di Indonesia, telah memasukkan Java sebagai teknologi pengembangan. Ini terlihat di stan Robosapien yang tidak memiliki sales promotion, tetapi menaruh dua robot yang berpromosi mengenai keunggulan dan fitur-fitur dari robot ini.

Selain show-off teknologi, JavaONE juga merupakan tempat reuni bagi orang-orang yang aktif di komunitas global, mulai dari komunitas pengembangan Java (Java user group), Java Champions (orang-orang terpilih yang memiliki influencing charisma), dosen-dosen computer science yang mengajar pemograman. Mereka semua bertemu dan berbagi semua pengalaman yang didapatkan di negara masing-masing, yang menarik ternyata semua kasus yang didapat memiliki pola yang sama, mulai dari kendala mahasiswa sampai regulasi bisnis.

Frans Thamura Pendiri Java User Group Indonesia
Sumber : http://www.kompas.com/kompas-cetak/0706/04/tekno/3573572.htm

No comments: